RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
RPP NOMOR: 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 4 Minggu
Standar Kompetensi :
Mewujudkan
nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan
menunjukkan bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak
kehilangan identitas.
Kompetensi Dasar :
1.1.
Memahami
dan mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan serta bertumbuh menjadi
pribadi yang dewasa dalam Kristus
Indikator :
Menjelaskan
makna nilai-nilai kristiani
I.
Tujuan Pembelajaran
:
Setelah selesai
pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat:
1.
Menjelaskan
kembali arti nilai-nilai kristiani.
2.
Menyebutkan
apa saja yang menjadi nilai-nilai kristiani dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Menyebutkan
norma-norma yang sesuai dengan nilai kristiani dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Menyimpulkan
hasil pengamatan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Hidup
sesuai dengan nilai-nilai Kristiani.
II.
Materi Standar
Makna Nilai-nilai Kristiani
Materi Pembelajaran
:
1. Arti nilai-nilai Kristiani.
2. Nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan sehari-hari.
3. Norma-norma dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai Kristiani.
4. Mengamati kehidupan sekitar.
Referensi Alkitab :
- Yohanes 13:1-17
- Kisah Para Rasul 6:1-7
- Roma 12:7
- Lukas 10:38-42
- Galatia 5:13
- 1 Petrus 4:10
III.
METODE PEMBELAJARAN
:
1.
Metode
: Ceramah, Cerita, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan
2.
Model
Pembelajaran : Belajar Bersama
IV.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN :
No
|
Kegiatan
|
Pendidikan/Pengembangan
Karakter
|
1
|
Kegiatan Awal (10 menit)
æ Mengucapkan salam
æ Bernyanyi : Ku Cinta
Kluarga Tuhan
æ Berdoa bersama dipimpin
oleh siswa
æ Menyampaikan
tujuan Pembelajaran
æ Menyampaikan
informasi tentang kemampuan yang harus
dicapai melalui pembelajaran
|
æ Taat
æ Religius
æ Disiplin
|
2
|
Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi :
1.
Menyiapkan alat-alat pembelajaran.
2.
Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali kegiatan
yang dilakukan siswa mulai dari bangun pagi sampai akan tidur malam.
3.
Siswa mengambil lembar
kerja yang telah disiapkan.
Elaborasi :
1.
Siswa mengerjakan lembar kerja dan melaporkan hasil
tugasnya kepada guru.
2.
Guru menyimpulkan hasil tugas siswa dan dilanjutkan
penyampaian materi :
a.
Nilai Kristiani
Konfirmasi :
1. Guru memberikan umpan balik positif tentang hasil kerja siswa
2. Guru memberi
kesempatan pada siswa menanyakan materi yang belum dipahami.
3. Guru bersama siswa
membuat kesimpulan dan refleksi terhadap proses pembelajaran.
4. Guru memberi tugas
PR sebagai tindak lanjut.
|
æ Disiplin:
æ Bertanggung jawab
æ Mandiri
æ Peduli sosial
|
3.
|
Kegiatan Akhir (10 menit)
1. Mengadakan tanya jawab secara lisan sehubungan
dengan materi yang disampaikan
2. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
belajar
3. Siswa mengerjakan tugas/evaluasi yang
diberikan oleh guru
4. Pujian dengan tema nilai keluarga
5. Doa Penutup dipimpin guru
|
-
Mandiri.
-
Jujur.
-
Tanggung jawab.
-
Religius.
-
Disiplin.
|
V.
SUMBER BELAJAR
1.
Sumber
Bahan :
æ Alkitab .
æ Kurikulum BSNP 2006
æ Buku-buku PAK kelas
X
2.
Media
Pembelajaran : Gambar-gambar
3.
Metode
Pembelajaran : Tanya jawab, Sharing, Ceramah, Penugasan
VI.
PENILAIAN
1.
Teknik
Penilaian : Tes Tertulis, Tes Lisan
2.
Bentuk
Penilaian : Isian singkat dan uraian
Format Penilaian Kognitif :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1.
Menjelaskan arti nilai-nilai kristiani.
2.
Menyebutkan nilai-nilai kristiani dalam kehidupan
sehari-hari.
3.
Menyebutkan norma-norma yang sesuai dengan nilai
Kristiani dalam kehidupan sehari-hari
4.
Mengamati nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan sehari-hari
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Pilihan
ganda
|
1.
Jelaskan arti
nilai-nilai Kristiani !
2.
Sebutkan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan
sehari-hari !
3.
Sebutkan norma-norma yang sesuai dengan nilai
Kristiani dalam kehidupan sehari-hari!
|
î Memiliki sikap religius
.
|
Kelompok
|
Unjuk kerja
|
Menghafalkan nats
Roma 12:7
|
Skor =
Penilaian Kogintif
Isian : 2.5x5 = 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar