Halaman

Rabu, 11 Desember 2013

SEMESTER 1 (PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK)

SEJARAH SINGKAT
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK

        I.            DEFENISI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK
01.  DEFENISI PSIKOLOGI & PSIKOLOGI PERKEMBANGAN.

a. DEFENISI PSIKOLOGI[1]
Psikologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani Psychology yang merupakan gabungan dan kata psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Secara harafiah psikologi diartikan sebagal ilmu jiwa. Istilah psyche atau jiwa masih sulit didefinisikan karena jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak, sulit dilihat wujudnya, meskipun tidak dapat dimungkiri keberadaannya. Dalam beberapa dasawarsa[2] ini istilah jiwa sudah jarang dipakai dan diganti dengan istilah psikis.

b. DEFENISI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN[3]
Psikologi perkembangan adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku individu dalam perkembangannya dan latar belakang yang mempengaruhinya. Dalam ruang lingkup psikologi, ilmu ini termasuk psikologi khusus, karena psikologi perkembangan mempelajari kekhususan dari pada tingkah laku individu.

02.  DEFENISI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK SECARA UMUM[4]
Psikologi anak merupakan cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan perkembangan stuktur jasmani, perilaku, dan fungsi mental manusia yang dimulai sejak terbentuknya makhluk itu melalui pembuahan hingga menjelang mati. Psikologi anak sebagai pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan fungsi-fungsi psikologis sepanjang hidup (mempelajari bagaimana proses berpikir pada anak-anak, memiliki persamaan dan perbedaan, dan bagaimana kepribadian seseorang berubah dan berkembang

03.  DEFENISI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK MENURUT PARA AHLI[5]
a.      Linda L Daidoff (1991)
Psikologi Perkembangan adalah cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan perkembangan stuktur jasmani, perilaku, dan fungsi mental manusia yang dimulai sejak terbentuknya makhluk itu melalui pembuahan hingga menjelang mati.
b.      M Lenner (1976)
Psikologi perkembangan sebagai pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan fungsi-fungsi psikologis sepanjang hidup (mempelajari bagaimana proses berpikir pada anak-anak, memiliki persamaan dan perbedaan, dan bagaimana kepribadian seseorang berubah dan perkembangan dari anak-anak, remaja, sampai dewasa
c.       Menurut Monks, Knoers dan Haditono
Psikologi perkembangan adalah suatu ilmu yang lebih mempersoalkan faktor-faktor umum yang mempengaruhi proses perkembangan (perubahan) yang terjadi dalam diri pribadi seseorang dengan menitikberatkan pada relasi antara kepribadian dan perkembangan.”
d.      Menurut Kartono
“Psikologi perkembangan (psikologi anak) adalah suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang dimulai dengan periode masa bayi, anak pemain, anak sekolah, masa remaja sampai periode adolesense menjelang dewasa.”
e.      Encyclopedia International  
“Developmental psychology is a branch of psychology devoted been placed on the search for those elements of behavior in the child which are thought to be prerequisite for complex adult behavior.”
(Psikologi perkembangan adalah suatu cabang dari psikologi yang mengetengahkan pembahasan tentang perilaku anak secara historic titik berat pembahasannya pada penganalisaan elemen-elemen perilaku anak
yang dimungkinkan akan menjadi syarat terbentuknya perilaku dewasa yang kompleks).

04.  FASE-FASE PERKEMBANGAN

a. MENURUT ARISTOTELES[6]
Defenisi Psikologi Perkembangan menurut Aristoteles adalah merupakan ``Periodisasi atau pembagian masa-masa perkembangan yang didasarkan pada keadaan atau proses biologis tertentu``, 
teori ini dibagi menjadi 3 fase, antara lain :
            * Fase I - Fase anak kecil : 0 – 7 th, fase I dan fase II dibatasi oleh pergantian gigi.
* Fase II - Fase anak sekolah: 7 – 14 th, fase II dan fase III ditandai dengan mulai
   mulai bekerjanya kelenjar kelengkapan kelamin.
* Fase remaja : 14 – 21 th.


b. PERKEMBANGAN MENURUT OSWALD KROCH[7]
Oswald Kroch mendefenisikan Psikologi Perkembangan sebagai ``suatu rentang waktu perkembangan yang didasarkan pada keadaan psikologis / masa kegoncangan yang khas dan dialami oleh setiap anak dalam masa perkembangannya``.
pemahaman beliau dikelompokkan dalam 3 fase :
a) Dari lahir sampai masa “trotz”( kegoncangan[8]) pertama: kanak-kanak awal.
b) Trotz pertama sampai trotz kedua : masa keserasian[9] bersekolah.
c) Trotz kedua sampai akhir remaja: masa kematangan.

            b. PERKEMBANGAN MENURUT Elizabeth B. Hurlock[10]         
Menurut Elizabeth B. Hurlock Psikologi Perkembangan adalah  :
**sebuah proses yang mencakup sepanjang hidup manusia sesuai dengan hakikat perkembangan manusia yang berlangsung sejak konsepsi[11] sampai mati **
Elizabeth B. Hurlock  mendefeniskan Psikologi Perkembangan dengan pembagian periodisasi..
pembagian periodisasi tersebut seperti dibawah ini :
a)      Masa sebelum lahir (pranatal)                         : 9 Bulan.
b)      Masa bayi baru lahir (new born)                      : 0 - 2 Minggu.
c)      Masa bayi (babyhood)                                       : 2 minggu - 2 Tahun.
d)      Masa kanak-kanak awal (early childhood)       : 2 - 6 Tahun.
e)      Masa kanak-kanak akhir (later chilhood)         : 6 - 12 Tahun.
f)       Masa puber (puberty)                                       : 11/12 – 15/16 Tahun.
g)      Masa remaja ( adolesence)                              : 15/16 – 21 Tahun.
h)      Masa dewasa awal (early adulthood)               : 21 - 40 Tahun.
i)        Masa dewasa madya(middle adulthood)         : 40 - 60 Tahun.
j)        Masa usia lanjut (later adulthood)                   : 60 – Dipanggil Tuhan.

      II.            PERKEMBANGAN ANAK
Perkembangan adalah suatu perubahan fungsional yang bersifat kualitatif[12], baik dari
fungsi-fungsi fisik maupun mental sebagai hasil keterkaitannya dengan pengaruh lingkungan. Perkembangan ditunjukkan dengan perubahan yang bersifat sistematis[13], progresif dan berkesinambungan.


01.  PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN ANAK[14]
Sepanjang perjalanan perkembangan anak, ada beberapa prinsip-prinsip perkembangan sabagai berikut :
a.      Perkembangan berlangsung seumur hidup dan meliputi semua aspek.
b.      Setiap anak memiliki kecepatan (tempo) dan kualitas perkembangan yang
Berbeda.
c.       Perkembangan secara relatif beraturan, mengikuti pola-pola tertentu.
d.      Perkembangan berlangsung secara berangsur-angsur sedikit demi sedikit.
e.       Perkembangan berlangsung dari kemampuan yang bersifat umum menuju
ke yang lebih khusus, mengikuti proses diferensiasi dan integrasi.
f.        Secara normal perkembangan individu mengikuti seluruh fase[15].
g.      Sampai batas-batas tertentu, perkembangan sesuatu aspek dapat
dipercepat atau diperlambat.
h.      Perkembangan aspek-aspek tertentu berjalan sejajar atau berkorelasi
dengan aspek lainnya.
i.        Pada saat-saat tertentu dan dalam bidang-bidang tertentu perkembangan
pria berbeda dengan wanita

02.  TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN MASA KANAK-KANAK[16]
Anak ( dalam proses perkembangannya ) bukan berarti hanya dan selalu diperhatikan oleh orang tua dan sekitarnya saja, akan tetapi ada hal-hal yang harus dikuasai oleh anak dalam proses perkembanganya, antara lain :
a.      Belajar Berjalan.
b.      Belajar Mengambil Makanan.
c.       Belajar Berbicara.
d.      Belajar mengontrol cara-cara buang air.
e.      Belajar mengetahui jenis kelamin.
f.        Menguasai stabilitas[17] jasmaniah.
g.      Memiliki konsep sosial dan fisik walaupun masih sederhana.
h.      Belajar hubungan sosial.
i.        Belajar membedakan mana yang baik dan tidak baik.

03.  ASPEK PERKEMBANGAN ANAK[18]
a.      Perkembangan Motorik.
b.      Perkembangan Kognitif.
c.       Perkembangan Struktur Kognitif.
d.      Perkembangan Bahasa.
    III.            PERANAN ORANGTUA DALAM PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK[19]
a.      Beri kesempatan memilih.
b.      Hargailah usahanya.
c.       Menghindari terlalu banyak bertanya.
d.      Dorong untuk melihat alternatif.
e.      Jangan patahkan semangatnya.

   IV.            KEGUNAAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
a.      Dengan mempelajari psikologi, orang akan mengetahui fakta-fakta dan prinsip-  prinsip mengenai tingkah laku manusia.
b.      Untuk memahami diri kita sendiri dengan mempelajari psikologi sedikit banyak orang akan mengetahui kehidupan jiwanya sendiri, baik segi pengenalan perasaan, kehendak, maupun tingkah laku lainnya.
c.       Dengan mengetahui jiwanya dan memahami dirinya itu maka orang dapat menilai dirinya sendiri.
d.      Pengenalan dan pemahaman terhadap kehidupan jiwa sendiri merupakan bahan yang sangat penting untuk dapat memahami kehidupan jiwa orang lain.
e.      Dengan bekal pengetahuan psikologi juga dapat dipakai sebagai bahan untuk menilai tingkah laku normal, sehingga kita dapat mengetahui apakah tingkah laku seseorang itu sesuai tidak dengan tingkat kewajarannya, termasuk tingkat kenormalan tingkah laku kita sendiri.

     V.            PANDANGAN PSIKOLOGI YANG MASIH TETAP DIPAKAI
Setelah mempelajari dan membuat sejarah singkat perkembangan anak  ini menurut saya, pendapat yang masih tetap dipakai untuk saat ini adalah
M Lenner (1976)
Psikologi perkembangan sebagai pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan fungsi-fungsi psikologis sepanjang hidup (mempelajari bagaimana proses berpikir pada anak-anak, memiliki persamaan dan perbedaan, dan bagaimana kepribadian seseorang berubah dan perkembangan dari anak-anak, remaja, sampai dewasa

   VI.            DAFTAR PUSTAKA
http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi/
http://kapanpunbisa.blogspot.com/2012/06/pengertian-psikologi-anak.html
http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi-perkembangan/
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN oleh : Dr. Ernawulan Syaodih, M. Pd
http://www.scribd.com/doc/81239911/8/Peran-Orangtua-Dalam-Perkembangan-Psikologi-Anak







[1] http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi/
[2] 10 Tahun
[3] http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi-perkembangan/
[4] http://kapanpunbisa.blogspot.com/2012/06/pengertian-psikologi-anak.html
[5] http://ilmu-psikologi.blogspot.com/2009/05/pengertian-dan-prinsip-perkembangan.html
[6] http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi-perkembangan/
[7] http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi-perkembangan/
[8] Masa-Masa awal atau pengenalan
[9] Keharmonisan, kesepadanan, proses pengukuhan semangat untuk menciptakan sesuatu yang memuaskan.
[10] http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi-perkembangan/
[11] percampuran antara inti sel jantan dan inti sel betina
[12] Mutu
[13] Teratur
[14] PSIKOLOGI PERKEMBANGAN oleh : Dr. Ernawulan Syaodih, M. Pd
[15] Tingkatan Masa
[16] PSIKOLOGI PERKEMBANGAN oleh : Dr. Ernawulan Syaodih, M. Pd
[17] Keseimbangan
[18] PSIKOLOGI PERKEMBANGAN oleh : Dr. Ernawulan Syaodih, M. Pd
[19] http://www.scribd.com/doc/81239911/8/Peran-Orangtua-Dalam-Perkembangan-Psikologi-Anak

1 komentar: