SEJARAH
SINGKAT
PSIKOLOGI
PERKEMBANGAN ANAK
I.
DEFENISI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK
01. DEFENISI PSIKOLOGI &
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN.
a. DEFENISI PSIKOLOGI[1]
Psikologi berasal dari kata dalam bahasa
Yunani Psychology yang merupakan gabungan dan kata psyche dan logos. Psyche
berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Secara harafiah psikologi diartikan
sebagal ilmu jiwa. Istilah psyche atau jiwa masih sulit didefinisikan karena
jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak, sulit dilihat wujudnya,
meskipun tidak dapat dimungkiri keberadaannya. Dalam beberapa dasawarsa[2]
ini istilah jiwa sudah jarang dipakai dan diganti dengan istilah psikis.
b. DEFENISI PSIKOLOGI
PERKEMBANGAN[3]
Psikologi perkembangan adalah ilmu yang
mempelajari tingkah laku individu dalam perkembangannya dan latar belakang yang
mempengaruhinya. Dalam ruang lingkup psikologi, ilmu ini termasuk psikologi
khusus, karena psikologi perkembangan mempelajari kekhususan dari pada tingkah
laku individu.
02. DEFENISI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
ANAK SECARA UMUM[4]
Psikologi anak merupakan cabang psikologi yang
mempelajari perubahan dan perkembangan stuktur jasmani, perilaku, dan fungsi
mental manusia yang dimulai sejak terbentuknya makhluk itu melalui pembuahan
hingga menjelang mati. Psikologi anak sebagai pengetahuan yang mempelajari
persamaan dan perbedaan fungsi-fungsi psikologis sepanjang hidup (mempelajari
bagaimana proses berpikir pada anak-anak, memiliki persamaan dan perbedaan, dan
bagaimana kepribadian seseorang berubah dan berkembang
03. DEFENISI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
ANAK MENURUT PARA AHLI[5]
a.
Linda L Daidoff (1991)
Psikologi
Perkembangan adalah cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan perkembangan
stuktur jasmani, perilaku, dan fungsi mental manusia yang dimulai sejak terbentuknya
makhluk itu melalui pembuahan hingga menjelang mati.
b.
M Lenner (1976)
Psikologi
perkembangan sebagai pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan fungsi-fungsi
psikologis sepanjang hidup (mempelajari bagaimana proses berpikir pada anak-anak,
memiliki persamaan dan perbedaan, dan bagaimana kepribadian seseorang berubah
dan perkembangan dari anak-anak, remaja, sampai dewasa
c.
Menurut Monks, Knoers dan Haditono
Psikologi
perkembangan adalah suatu ilmu yang lebih mempersoalkan faktor-faktor umum yang
mempengaruhi proses perkembangan (perubahan) yang terjadi dalam diri pribadi
seseorang dengan menitikberatkan pada relasi antara kepribadian dan
perkembangan.”
d.
Menurut Kartono
“Psikologi
perkembangan (psikologi anak) adalah suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku
manusia yang dimulai dengan periode masa bayi, anak pemain, anak sekolah, masa
remaja sampai periode adolesense menjelang dewasa.”
e.
Encyclopedia International
“Developmental
psychology is a branch of psychology devoted been placed on the search for
those elements of behavior in the child which are thought to be prerequisite
for complex adult behavior.”
(Psikologi
perkembangan adalah suatu cabang dari psikologi yang mengetengahkan pembahasan
tentang perilaku anak secara historic titik berat pembahasannya pada
penganalisaan elemen-elemen perilaku anak
yang
dimungkinkan akan menjadi syarat terbentuknya perilaku dewasa yang kompleks).
04. FASE-FASE PERKEMBANGAN
a. MENURUT ARISTOTELES[6]
Defenisi Psikologi Perkembangan menurut
Aristoteles adalah merupakan ``Periodisasi atau
pembagian masa-masa perkembangan yang didasarkan pada keadaan atau proses
biologis tertentu``,
teori ini dibagi menjadi
3 fase, antara lain :
*
Fase I - Fase anak kecil : 0 – 7 th, fase I dan fase II dibatasi oleh
pergantian gigi.
*
Fase II - Fase anak sekolah: 7 – 14 th, fase II dan fase III ditandai dengan
mulai
mulai bekerjanya kelenjar kelengkapan
kelamin.
* Fase remaja : 14 – 21 th.
b. PERKEMBANGAN MENURUT OSWALD
KROCH[7]
Oswald
Kroch mendefenisikan Psikologi Perkembangan sebagai
``suatu rentang waktu perkembangan yang didasarkan pada keadaan psikologis / masa
kegoncangan yang khas dan dialami oleh setiap anak dalam masa perkembangannya``.
pemahaman beliau dikelompokkan dalam 3 fase :
a)
Dari lahir sampai masa “trotz”( kegoncangan[8])
pertama: kanak-kanak awal.
b)
Trotz pertama sampai trotz kedua : masa keserasian[9]
bersekolah.
c)
Trotz kedua sampai akhir remaja: masa kematangan.
b.
PERKEMBANGAN MENURUT Elizabeth B. Hurlock[10]
Menurut
Elizabeth B. Hurlock Psikologi Perkembangan adalah :
**sebuah proses yang mencakup sepanjang hidup manusia sesuai
dengan hakikat perkembangan manusia yang berlangsung sejak konsepsi[11]
sampai mati **
Elizabeth
B. Hurlock mendefeniskan Psikologi
Perkembangan dengan pembagian periodisasi..
pembagian periodisasi tersebut
seperti dibawah ini :
a)
Masa sebelum lahir (pranatal) :
9 Bulan.
b)
Masa bayi baru lahir (new born) :
0 - 2 Minggu.
c)
Masa bayi (babyhood) : 2 minggu -
2 Tahun.
d)
Masa kanak-kanak awal (early childhood) :
2 - 6 Tahun.
e)
Masa kanak-kanak akhir (later chilhood) :
6 - 12 Tahun.
f)
Masa puber (puberty) :
11/12 – 15/16 Tahun.
g)
Masa remaja ( adolesence) :
15/16 – 21 Tahun.
h)
Masa dewasa awal (early adulthood) :
21 - 40 Tahun.
i)
Masa dewasa madya(middle adulthood) :
40 - 60 Tahun.
j)
Masa usia lanjut (later adulthood) :
60 – Dipanggil Tuhan.
II.
PERKEMBANGAN ANAK
Perkembangan adalah suatu perubahan fungsional
yang bersifat kualitatif[12],
baik dari
fungsi-fungsi fisik maupun mental sebagai
hasil keterkaitannya dengan pengaruh lingkungan. Perkembangan ditunjukkan dengan
perubahan yang bersifat sistematis[13],
progresif dan berkesinambungan.
01. PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN
ANAK[14]
Sepanjang
perjalanan perkembangan anak, ada beberapa prinsip-prinsip perkembangan sabagai
berikut :
a.
Perkembangan berlangsung seumur
hidup dan meliputi semua aspek.
b.
Setiap anak memiliki kecepatan
(tempo) dan kualitas perkembangan yang
Berbeda.
c.
Perkembangan secara relatif
beraturan, mengikuti pola-pola tertentu.
d.
Perkembangan berlangsung secara
berangsur-angsur sedikit demi sedikit.
e.
Perkembangan berlangsung dari
kemampuan yang bersifat umum menuju
ke
yang lebih khusus, mengikuti proses diferensiasi dan integrasi.
g.
Sampai batas-batas tertentu,
perkembangan sesuatu aspek dapat
dipercepat
atau diperlambat.
h.
Perkembangan aspek-aspek tertentu
berjalan sejajar atau berkorelasi
dengan
aspek lainnya.
i.
Pada saat-saat tertentu dan dalam
bidang-bidang tertentu perkembangan
pria
berbeda dengan wanita
02. TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN MASA
KANAK-KANAK[16]
Anak ( dalam
proses perkembangannya ) bukan berarti hanya dan selalu diperhatikan oleh orang
tua dan sekitarnya saja, akan tetapi ada hal-hal yang harus dikuasai oleh anak
dalam proses perkembanganya, antara lain :
a.
Belajar
Berjalan.
b.
Belajar
Mengambil Makanan.
c.
Belajar
Berbicara.
d.
Belajar
mengontrol cara-cara buang air.
e.
Belajar
mengetahui jenis kelamin.
f.
Menguasai
stabilitas[17]
jasmaniah.
g.
Memiliki
konsep sosial dan fisik walaupun masih sederhana.
h.
Belajar
hubungan sosial.
i.
Belajar
membedakan mana yang baik dan tidak baik.
03. ASPEK PERKEMBANGAN ANAK[18]
a.
Perkembangan
Motorik.
b.
Perkembangan
Kognitif.
c.
Perkembangan
Struktur Kognitif.
d.
Perkembangan
Bahasa.
III.
PERANAN ORANGTUA DALAM PERKEMBANGAN
PSIKOLOGI ANAK[19]
a. Beri kesempatan memilih.
b. Hargailah usahanya.
c. Menghindari terlalu banyak bertanya.
d. Dorong untuk melihat alternatif.
e. Jangan patahkan semangatnya.
IV.
KEGUNAAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
a.
Dengan mempelajari psikologi, orang
akan mengetahui fakta-fakta dan prinsip-
prinsip mengenai tingkah laku manusia.
b.
Untuk memahami diri kita sendiri
dengan mempelajari psikologi sedikit banyak orang akan mengetahui kehidupan
jiwanya sendiri, baik segi pengenalan perasaan, kehendak, maupun tingkah laku
lainnya.
c.
Dengan mengetahui jiwanya dan memahami
dirinya itu maka orang dapat menilai dirinya sendiri.
d.
Pengenalan dan pemahaman terhadap
kehidupan jiwa sendiri merupakan bahan yang sangat penting untuk dapat memahami
kehidupan jiwa orang lain.
e.
Dengan bekal pengetahuan psikologi
juga dapat dipakai sebagai bahan untuk menilai tingkah laku normal, sehingga
kita dapat mengetahui apakah tingkah laku seseorang itu sesuai tidak dengan tingkat
kewajarannya, termasuk tingkat kenormalan tingkah laku kita sendiri.
V.
PANDANGAN PSIKOLOGI YANG MASIH TETAP
DIPAKAI
Setelah
mempelajari dan membuat sejarah singkat perkembangan anak ini menurut saya, pendapat yang masih tetap
dipakai untuk saat ini adalah
M Lenner (1976)
Psikologi perkembangan sebagai
pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan fungsi-fungsi psikologis
sepanjang hidup (mempelajari bagaimana proses berpikir pada anak-anak, memiliki
persamaan dan perbedaan, dan bagaimana kepribadian seseorang berubah dan
perkembangan dari anak-anak, remaja, sampai dewasa
VI.
DAFTAR PUSTAKA
http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi/
http://kapanpunbisa.blogspot.com/2012/06/pengertian-psikologi-anak.html
http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi-perkembangan/
PSIKOLOGI
PERKEMBANGAN oleh : Dr. Ernawulan Syaodih, M. Pd
http://www.scribd.com/doc/81239911/8/Peran-Orangtua-Dalam-Perkembangan-Psikologi-Anak
[1] http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi/
[2] 10 Tahun
[3] http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi-perkembangan/
[4] http://kapanpunbisa.blogspot.com/2012/06/pengertian-psikologi-anak.html
[5] http://ilmu-psikologi.blogspot.com/2009/05/pengertian-dan-prinsip-perkembangan.html
[6] http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi-perkembangan/
[7] http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi-perkembangan/
[8]
Masa-Masa awal atau pengenalan
[9]
Keharmonisan, kesepadanan, proses pengukuhan semangat untuk menciptakan sesuatu
yang memuaskan.
[10] http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi-perkembangan/
[11] percampuran
antara inti sel jantan dan inti sel betina
[12] Mutu
[13] Teratur
[14]
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN oleh : Dr. Ernawulan Syaodih, M. Pd
[15]
Tingkatan Masa
[16]
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN oleh : Dr. Ernawulan Syaodih, M. Pd
[17]
Keseimbangan
[18]
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN oleh : Dr. Ernawulan Syaodih, M. Pd
[19] http://www.scribd.com/doc/81239911/8/Peran-Orangtua-Dalam-Perkembangan-Psikologi-Anak
wah bener juga tuh, hehe bagus gan bisa buat tugas kuliah :D
BalasHapusFakta Penting Mengenai Anak Kedua