Rabu, 11 Desember 2013

SEMESTER 1 (LAPORAN BACA & WAWANCARA SURAT ALQURAN)


LAPORAN BACA & WAWANCARA SURAT ALQURAN
( Al – Imran, Maryam, Yunus )

Diserahkan Kepada :
Dosen: Mars Sumantri
Sebagai Bagian Dari Tugas Mata Kuliah
ISLAMOLOGI 

Nama: Roy Damanik
SEKOLAH TINGGI THEOLOGIA BASOM
November 2012

KATA PENGANTAR

Shalom, Salam sejahtera, Puji dan syukur bagi TUHAN YESUS KRISTUS, yang telah memberi nafas kehidupan, pengetahuan, kesehatan dan waktu yang berharga ini sehingga saya dapat menyelesaikan tugas ini tepat pada waktunya sebagai tugas pada mata kuliah ISLAMOLOGI.
Dalam tugas laporan bacaan dan wawancara tentang surat Al-Quran (AL-Imran, Maryam dan Yunus). Saya menemukan banyak hal, baik itu hal positif maupun negatif. Semua hal tersebut saya tuangkan dalam tugas ini. Pembuatan tugas bacaan ini tentunya tidak akan luput dari kesalahan, oleh sebab itu segala bentuk perbaikan, masukan, kritik dari Bapak Dosen sangatlah saya harapkan.  

Akhir kata, semoga makalah ini dapat membawa manfaat.
Puji Tuhan!!! 

Hormat Saya,
Roy Damanik

1.      SURAT AL IMRAN

1.1.   LATAR BELAKANG

Latar belakang surat ini adalah pernyataan dimana hanya Allah yang layak disembah, dan pernyataan bahwa dialah yang membentuk manusia. “Serta pernyataan bahwa  agama Islam, sebagai satu-satunya agama yang benar” (Ayat 85). Juga menceritakan tentang keluarga Imran, dimana dari keluarga ini lahir Maryam (Ibu Nabi Isa).

1.2.   WAKTU PENURUNAN

“Berdasarkan sejarahnya, Surat Al Imran diturunkan pada tahun ke-9 Hijriyah”


1.3.   ISI

Setelah membaca Surat Al-Imran, ada beberapa hal yang saya simpulkan yang menjadi isi/topik utama surat ini, antara lain :

1.      Tidak ada Ilah yang berhak disembah melainkan Dia Allah.

2.      Orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah akan memperoleh siksa yang berat.

3.      Bagi Allah tidak ada satupun yang tersembunyi di bumi dan tidak pula di langit.

4.      Allah tidak pernah menyalahi janji.

5.      Orang-orang yang kafir adalah bahan bakar api neraka.

6.      Untuk orang-orang yang bertaqwa kepada Allah, mereka akan mewarisi surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan mereka dikaruniai isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah.

7.      Yang menjadi pewaris surga adalah orang yang berdoa : Ya Rabb kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka.

8.      Sesungguhnya agama yang diridhai di sisi Allah hanyalah Islam.

9.      Umat haruslah menaati Allah dan Rasul-Nya.

10.  Pemilihan Allah terhadap Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga Imran.

11.  Isteri Imran menazarkan kepada Allah anak yang dalam kandungannya menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat di Baitul Maqdis. Maka ketika isteri Imran melahirkan anaknya, dia menamai anak itu Maryam.

12.  Allah berjanji akan memberikan anak kepada Zakaria, namun Zakaria tidak percaya, dan meminta tanda, lalu Allah memberi tanda baginya, yakni tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat.

13.  Barangsiapa mencari agama selain dari agama Islam, dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.

14.  Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari kewajiban haji, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya tidak memerlukan sesuatu dari semesta alam.

15.  Janganlah sekali-kali mati dalam keadaan diluar agama Islam.

16.  Tidak boleh memakan riba dengan berlipat ganda.

17.  Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul.


1.4.   KOMENTAR

1.           KOMENTAR POSITIF

Pengajarannya cukup baik, karena kita diarahkan untuk selalu berharap kepada Allah dalam setiap kehidupan kita, kita harus tetap ada pada jalan yang benar, supaya kita dapat memperoleh janji Allah, yaitu Surga. Dan ketika kita berharap kepada Dia, maka hidup kita terpelihara.


2.           KOMENTAR NEGATIF

Ada beberapa hal, dimana saya kurang setuju, antara lain :

1.     Pernyataan yang menyatakan bahwa Agama yang diridoi Allah hanya agama Islam.

2.      Dalam hidup kekal, dinyatakan bahwa kita akan dikaruniai istri-istri.

3.      Kematian diluar Islam..


1.5.   AYAT YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENJANGKAU ISLAM

1.      Tidak ada Ilah yang berhak disembah melainkan Dia Allah (Ay. 2).

2.      Bagi Allah tidak ada satupun yang tersembunyi di bumi dan tidak pula di langit (Ay. 5).

3.      Allah tidak pernah menyalahi janji (Ay. 9).

4.      Tidak boleh memakan riba dengan berlipat ganda (Ay. 130).


2.      SURAT YUNUS

2.1.   LATAR BELAKANG

Terdiri dari 109 ayat, berisi tentang hukuman kepada orang-orang yang melakukan kejahatan, dan juga tentang kehidupan Nuh dan juga Musa.


2.2.   WAKTU PENURUNAN

Diturunkan ketika nabi Muhammad berada di Madinah.


2.3.   ISI

Setelah membaca Surat Yunus, ada beberapa hal yang saya simpulkan yang menjadi isi/topik utama surat ini, antara lain :

1.      Semua manusia akan kembali hanya kepada Allah, itu merupakan janji yang benar daripada Allah.

2.      Dia yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah tempat-tempat bagi perjalanan bulan itu, supaya manusia dapat  mengetahui bilangan tahun dan perhitungan waktu.

3.      Jika berdoa, ucapannya adalah "Subhanakallahumma" dan salam penghormatan mereka "Salaam". Dan penutup do'a ialah: "Alhamdulillaahi Rabbil'aalamin".

4.      Manusia dahulunya hanyalah satu umat, kemudian mereka berselisih.

5.      Orang-orang yang mengerjakan kejahatan, akan mendapat balasan dan tidak ada bagi mereka perlindungan dari azab Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gulita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

6.      Allah-lah yang memulai penciptaan makhluk, kemudian menghidupkannya kembali; jadi tidak ada yang dapat disembah selain Allah.

7.      Al-Qur'an dibuat oleh Allah; Al-Qur'an juga membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkan, tidak ada keraguan di dalamnya.

8.      Al-Qur'an menjelaskan secara terperinci hukum-hukum yang telah disebutkan dalam Al-Qur'an itu pula.

9.      Tidak patut jika ada yang berkata Muhammad membuat-buat Alquran.

10.  Apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah. Sesungguhnya janji Allah itu benar, tetapi kebanyakan orang tidak mengetahuinya.

11.  Tidak ada seorangpun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya.

12.  Jangan ragu-ragu tentang Islam.


2.4.   KOMENTAR

1.           KOMENTAR POSITIF

Saya sangat setuju dengan ayat yang mengatakan, bahwa semua manusia akan kembali kepadanya, memang demikianlah adanya. Dan memang benar adanya bahwa apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah. Sesungguhnya janji Allah itu benar, tetapi kebanyakan orang tidak mengetahuinya, bukan hanya tidak mengetahuinya bahkan meragukannya.


2.           KOMENTAR NEGATIF

Hal dimana saya kurang setuju adalah pernyataan “Jangan ragu-ragu tentang Islam”, menurut saya secara pribadi, kalimat ini mengandung unsur pemaksaan.


2.5.   AYAT YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENJANGKAU ISLAM

1.      Semua manusia akan kembali hanya kepada Allah, itu merupakan janji yang benar daripada Allah (Ay. 4).

2.      Apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah. Sesungguhnya janji Allah itu benar, tetapi kebanyakan orang tidak mengetahuinya (Ay. 55).


3.      SURAT MARYAM


3.1.   LATAR BELAKANG

Surat ini berisi penjelasan tetang rahmat Rabb kepada Zakariya, yakni ketika di masa tuanya, dia belum juga memiliki keturunan. Dia khawatir karena istrinya seorang yang mandul. Namun, ketika dia berdoa, Allah berjanji akan memberikan dia keturunan.


3.2.   WAKTU PENURUNAN

Diturunkan sebelum nabi Muhammad hijrah ke Madinah


3.3.   ISI

Setelah membaca Surat Maryam, ada beberapa hal yang saya simpulkan yang menjadi isi/topik utama surat ini, antara lain :

1.      Janji Allah kepada Zakariya, yakni seorang anak yang namanya Yahya.

2.      Keraguan Zakaria, lalu dia meminta tanda, hingga dia tidak dapat berbicara dengan manusia selama tiga malam.

3.      Malaikat menemui Maryam, serta menyampaikan bahwa ia akan mengandung, meskipun dia belum menikah.

4.      Isa adalah putera Maryam, bukan putera Allah. Karena Allah tidak mungkin  mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka hanya berkata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia.

5.      Ibrahim menasehati Bapaknya "Wahai bapakku, mengapa kamu menyembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak melihat dan tidak dapat menolong kamu sedikitpun” dan berdoa "Semoga keselamatan dilimpahkan kepada Bapaknya

6.      Syaitan-syaitan dikirim kepada orang-orang kafir untuk menghasung mereka membuat ma'siat dengan sungguh-sungguh.

7.      Tidak ada yang berhak mendapat syafa'at kecuali orang yang telah mengadakan perjanjian di sisi Rabb Yang Maha Pemurah

8.      Yang akan menjadi pewaris surga adalah orang-orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh.

9.      Orang yang berkata "Yang Maha Pemurah mempunyai anak". Sesungguhnya telah mendatangkan sesuatu perkara yang sangat mungkar, karena mereka mendakwa Allah Yang Maha Pemurah mempunyai anak.


3.4.   KOMENTAR

1.           KOMENTAR POSITIF

Kunci utama, adalah berserah dan berharap penuh kepada Tuhan, karena Janji Allah selalu tepat pada waktunya, seperti yang dilakukan oleh Zakaria. Saya sangat setuju, bahwa dengan berdoa dengan hati yang sungguh, Allah akan menjawab.

2.           KOMENTAR NEGATIF

Ada beberapa hal, dimana saya kurang setuju dengan pernyataan terssbut, antara lain :

1.      “Syaitan-syaitan dikirim kepada orang-orang kafir untuk menghasung mereka membuat ma'siat dengan sungguh-sungguh”

2.      (Tidak ada yang berhak mendapat syafa'at kecuali orang yang telah mengadakan perjanjian di sisi Rabb Yang Maha Pemurah), siapa yang bersyafaat. Dari sisi kristen Yesus yang berdoa bagi umatNya.


3.5.   AYAT YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENJANGKAU ISLAM

1.      Janji Allah kepada Zakariya, yakni seorang anak yang namanya Yahya. Yang artinya, jika Allah sudah berjanji, pasti digenapi (Ay. 1-10).

2.      Yang akan menjadi pewaris surga adalah orang-orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh (Ay. 60).


4.      WAWANCARA SURAT AL-IMRAN

1.      ISI SURAT AL IMRAN.

Apriadi said          : Tidak Tahu

Lestari said            : Tentang Keluarga Imran

Exswandi said       : Tidak Tahu, ragu-ragu, takutnya salah menyampaikan


Menurut Apriadi

2.      SIAPA ITU YESUS KRISTUS

Yesus itu hanyalah manusia biasa.

3.      TENTANG ALLAH

Allah itu hanya satu.

4.      PANDANGAN TERHADAP KRISTEN YANG MENGAKU YESUS ITU TUHAN

Hal ini merupakan kesalahan (Alasannya karena Tuhan hanya Satu yaitu Allah).

5.      TENTANG MUHAMMAD

Muhammad adalah nabi besar Umat Islam dan merupakan panutan umat Islam.

6.      KONSEP KESELAMATAN

Konsep keselamatan menjalankan semua perintahNya dan meninggalkan semua laranganNya (Allah).

Nama yang Diwawancarai :

1.      Lestariyanto          : 0856-9113-9022

2.      Apriadi                  : 0878-9438-7689

3.      Exswandi              : 0813-7246-3946

Tidak ada komentar:

Posting Komentar