RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
RPP NOMOR: 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 4 Minggu
Standar Kompetensi :
Mewujudkan
nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan
menunjukkan bahwa remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak
kehilangan identitas.
Kompetensi Dasar :
1.1.
Memahami
dan mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan serta bertumbuh menjadi
pribadi yang dewasa dalam Kristus
Indikator :
Kepribadian
orang Kristen
I.
Tujuan Pembelajaran
:
Setelah selesai
pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat:
1.
Menjelaskan
kembali arti kepribadian
2.
Menyebutkan
contoh kepribadian yang baik dan buruk
3.
Menjelaskan
bagaimana seharusnya kepribadian seorang kristen
4.
Hidup
sesuai dengan kepribadian Kristen dalam praktek hidup
II.
Materi Standar
Kepribadian Orang Kristen
Materi Pembelajaran
:
1. Arti kepribadian.
2. Kepribadian yang buruk dan baik.
3. Cara hidup kekristenan dalam lingkungan masyarakat.
4. Mengamati kehidupan sekitar.
Referensi Alkitab :
- Ibrani 11
- Matius 17:14-21
- Kisah Para Rasul 16:31-34
- Galatia 3:11
- Yakobus 2:26
III.
METODE PEMBELAJARAN
:
1.
Metode
: Ceramah, Cerita, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan
2.
Model
Pembelajaran : Belajar Bersama
IV.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN :
No
|
Kegiatan
|
Pendidikan/Pengembangan
Karakter
|
1
|
Kegiatan Awal (10 menit)
æ Mengucapkan salam
æ Bernyanyi : Jalan
Hidup Orang Benar
æ Berdoa bersama dipimpin
oleh siswa
æ Menyampaikan
tujuan Pembelajaran
æ Menyampaikan
informasi tentang kemampuan yang harus
dicapai melalui pembelajaran
|
æ Taat
æ Religius
æ Disiplin
|
2
|
Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi :
1.
Menyiapkan alat-alat pembelajaran.
2.
Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali kegiatan
yang dilakukan siswa mulai dari bangun pagi sampai akan tidur malam.
3.
Siswa mengambil
lembar kerja yang telah disiapkan.
Elaborasi :
1.
Siswa mengerjakan lembar kerja dan melaporkan hasil
tugasnya kepada guru.
2.
Guru menyimpulkan hasil tugas siswa dan dilanjutkan
penyampaian materi :
a.
Nilai Kristiani
Konfirmasi :
1. Guru memberikan umpan balik positif tentang hasil kerja siswa
2. Guru memberi
kesempatan pada siswa menanyakan materi yang belum dipahami.
3. Guru bersama siswa
membuat kesimpulan dan refleksi terhadap proses pembelajaran.
4. Guru memberi tugas
PR sebagai tindak lanjut.
|
æ Disiplin:
æ Bertanggung jawab
æ Mandiri
æ Peduli sosial
|
3.
|
Kegiatan Akhir (10 menit)
1. Mengadakan tanya jawab secara lisan sehubungan
dengan materi yang disampaikan
2. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
belajar
3. Siswa mengerjakan tugas/evaluasi yang
diberikan oleh guru
4. Pujian dengan tema nilai keluarga
5. Doa Penutup dipimpin guru
|
-
Mandiri.
-
Jujur.
-
Tanggung jawab.
-
Religius.
-
Disiplin.
|
V.
SUMBER BELAJAR
1.
Sumber
Bahan :
æ Alkitab .
æ Kurikulum BSNP 2006
æ Buku-buku PAK kelas
X
2.
Media
Pembelajaran : Gambar-gambar
3.
Metode
Pembelajaran : Tanya jawab, Sharing, Ceramah, Penugasan
VI.
PENILAIAN
1.
Teknik
Penilaian : Tes Tertulis, Tes Lisan
2.
Bentuk
Penilaian : Isian singkat dan uraian
Format Penilaian Kognitif :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1.
Menjelaskan apa arti kepribadian.
2.
Menyebutkan contoh kepribadian yang baik dan buruk
3.
Menjelaskan praktek kepribadian seorang Kristen
4.
Hidup sesuai dengan kepribadian Kristen dalam praktek
hidup
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Pilihan
ganda
|
1.
Jelaskan arti kepribadian
!
2.
Sebutkan contoh kepribadian dalam kehidupan
sehari-hari !
3.
Sebutkan pengaruh kepribadian yang baik dalam
lingkungan masyarakat!
|
î Memiliki sikap
religius .
|
Kelompok
|
Unjuk kerja
|
Menghafalkan nats Yakobus
2:26
|
Skor =
Penilaian Kogintif
Isian : 2.5x5 = 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar