TUGAS MAKALAH
MANAJEMEN PAK
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Kelulusan Mata Kuliah
MANAJEMEN
– PAK
Yang Dibina Oleh :
Nama:
Roy
Damanik
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Dalam Manajemen terdapat fungsi-fungsi manajemen yang
terkait erat antara satu dengan yang lainnya. Pada umumnya ada empat fungsi
manajemen yang banyak dikenal masyarakat yaitu fungsi perencanaan (planning),
fungsi pengorganisasian (organizing), fungsi pengarahan (directing) dan fungsi
pengendalian (controlling). Ilmu manajemen merupakan suatu kumpulan pengetahuan
yang disistemisasi, dikumpulkan dan diterima kebenarannya. Hal ini dibuktikan
dengan adanya metode ilmiah yang dapat digunakan dalam setiap penyelesaian
masalah dalam manajemen.
Sistem Manajemen digunakan dalam berbagai bidang
kehidupan, termasuk dalam Gereja. Namun, sering sekali manajemen dalam sebuah
Gereja tidak berhasil dengan baik. Melalui makalah ini, penulis akan memaparkan
seperti apa Manajamen Gereja yang seharusnya, dan mengapa Manajemen Gereja
sering tidak berhasil dengan baik.
B.
RUMUSAN
MASALAH
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini, adalah :
B.2. Apa
saja yang menjadi fungsi manajemen secara umum?
B.3. Seperti
apa sistem manajemen gereja yang baik?
B.4. Apa
yang menyebabkan manajemen sebuah gereja tidak berjalan dengan baik?
C.
TUJUAN
Adapun yang menjadi tujuan penulisan makalah ini, antara lain :
C.1. Melalui
makalah ini, kita dapat mengerti pengertian Manajemen.
C.2. Melalui
makalah ini kita dapat memahami apa yang menjadi fungsi manajemen.
C.3. Melalui
makalah ini kita dapat mengetahui seperti apa sistem manajemen Gereja yang
baik.
C.4. Melalui
makalah ini kita dapat mengetahui, kira-kira apa yang menjadikan manajemen sebuah Gereja tidak berjalan dengan
baik.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN
MANAJEMEN
Ada beberapa defenisi dari manajemen, antara lain :
1. Management
as knowing exactly what you want to do and then seeing that they to do it in
the best and cheappest way.
2. Management
as getting done through other.
3. Management
is the practice of determining what has to be done and accomplishing this goal
in the best fashion through other people.
4. Management
is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating and
controlling, performed to determine accomplish stated objectives by use of
human being and other resources.
5. Management
is the art of getting thing done through the effort of the other people.
6. Management
is the art and science of proposing, organizing and directing human effort
applied to control the forces and utilize the materials of nature for the
benefit of man.
7. Management
is the coordination of production to meet the objectives of organization.
8. Management
props is the function in industry concerned in the exceptionof policy, within
the limits set up by the administration, and employment of the organization for
the particular objects set beforest.
9. Management
in business is the science and art of combining ideas, facilities, processes,
materials and people to produce and market a worthy product or service
profitably.
10. Management
in general as a technique by means of which the porposes and objectives of a
particular human group are determined, clarified, and effectualed.
11. To
manage is forecast and plan, to organize, to command, to coordinate and to
control.
Dari beberapa defenisi diatas dapat disimpulkan,
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan
karyawan, pemberian perintah dan pengawasan terhadap “human and natural
resources” terutama human resources untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
terlebih dahulu.
B.
FUNGSI
DAN PENTINGNYA MANAJEMEN SECARA UMUM
Ada beberapa pendapat tentang fungsi dan pentingnya manajemen, antara lain
:
1. Menurut
Prof. Drs. Oey Liang Lee :
a)
Perencanaan
b)
Pengorganisasian
c)
Pengarahan
d)
Pengkoordinasian
e)
Pengontrolan
2. Menurut
Konnt O`Donnel dan Niclander
a)
Planning
b)
Organizing
c)
Staffing
d)
Directing
e)
Controlling
3. Menurut
Newman
a)
Planning
b)
Organizing
c)
Assembling Resources
d)
Directing
e)
Controlling
4. Menurut
Louis A. Alen
a)
Memimpin
b)
Merencanakan
c)
Menyusun
d)
Mengawasi
5. Menurut
George R. Terry
a)
Planning
b)
Organizing
c)
Actuating
d)
Controlling
6. Menurut
Henry Fayol
a)
Forecasting and Planning
b)
Organizing
c)
Commanding
d)
Coordinating
e)
Controlling
7. Menurut
Hebert G. Hicks
a)
Creating
b)
Planning
c)
Organizing
d)
Motivating
e)
Communicating
f)
Controlling
8. Menurut
Luther Gulick (POSDCORB)
a)
Planning
b)
Organizing
c)
Staffing
d)
Directing
e)
Coordinating
f)
Reporting
g)
Budgeting
C.
SISTEM
MANAJEMEN GEREJA YANG BAIK
Ada beberapa hal yang sangat penting dalam manajemen Gereja, adapun hal
penting tersebut, antara lain :
1. Planning Program Kerja,
Gereja sangat
perlumembuat suatu program kerja sesuai
dengan keputusan rapat tentang apa yang akan menjadi tujuan program tersebut (untuk
jangka waktu tertentu). Tujuan dari program ini adalah untuk membuat gereja
mempunyai fungsi, dalam arti bahwa gereja perlu mempunyai visi kedepan dalam
rangka kualitas yang benar sebagai gereja Tuhan.
2. Organisasi
Gereja
perlu memiliki pengaturan otoritas dan tugas sehingga pekerjaan bisa
dilaksanakan dengan tepat oleh orang yang tepat dengan cara yang
bertanggungjawab. Fungsi organisasi di dalam gereja adalah untuk mendukung
antara satu dengan yang lain dalam mewujudkan visi dan misi gereja. Contoh
sederhananya bahwa kalau hanya pemimpin yang bertanggung jawab atas semuanya,
maka tentu sekali mustahil manajemen dapat berjalan dengan baik.
3. Pendelegasian
Pembagian
tugas harus dilakukan mengingat bahwa setiap orang mempunyai keahlian/keterampilan
yang berbeda dengan orang lain.
4. Personel/Staf
Gereja
harus memiliki cukup orang untuk melakukan tugas-tugas yang sudah direncanakan,
oleh karena itu perlu ada pertanggungjawaban dari masing-masing orang yang
terlibat didalamnya.
5. Koordinasi
Tugas-tugas
yang tidak dikoordinasi dengan baik akan menyebabkan pekerjaan yang tumpang
tindih sehingga menghasilkan kerja yang tidak efektif dan efisien.
6. Pentingnya Pelaporan
Pertanggungjawaban
dari setiap bagian perlu dilakukan agar dapat diketahui hasil yang dicapai dan
kegagalan-kegagalan yang terjadi sehingga dapat diusahakan perbaikan-perbaikan
yang perlu diadakan di masa yang akan datang.
7. Pentingnya Budget
Memprediksi
jumlah keuangan yang dibutuhkan sangat penting untuk menentukan seberapa jauh
program kerja dapat dilaksanakan, supaya tidak macet di tengah jalan.
D.
KENDALA
DALAM MANAJEMEN GEREJA
Mengapa manajemen dalam Gereja tidak berjalan dengan
baik?, pertanyaan tersebut tentu cukup sering kita dengarkan, lalu apa yang
menjadikan manajemen dalam sebuah Gereja tidak berjalan dengan baik, untuk
melihat kendalanya kita akan berangkat dari sistem manajemen Gereja yang baik.
1. Gereja
tidak memiliki program ataupun planning kerja, sehingga pelayanannya pun jalan
ditempat.
2. Memiliki
organisasi, namun beberapa Gereja cenderung berfokus hanya kepada satu orang,
yakni pemimpin Gereja.
3. Tidak
mengerjakan program atau tugas sesuai dengan apa yang sudah didelegasikan.
4. Tidak
menempatkan staff/personel pada posisi yang seharusnya.
5. Dalam
menjalankan sebuah program, tidak memprediksikan dengan baik keuangan, sehingga
sangat sering macet ditengah jalan.
BAB III
PENUTUP
Setelah memaparkan tentang manajemen serta fungsi dan
pentingnya manajemen. Saya memahami bahwa manajemen sangat penting untuk
menjadi sarana kesuksesan penyelenggaraan pelayanan di Gereja, namun perlu
diingat bahwa manajemen bukanlah segala-galanya. Gereja yang menjadikan manajemen
sebagai tujuan utama akan menjadikan pelayanan tersebut perlahan-lahan
kehilangan kegairahan dan akhirnya akan mati. Oleh karena itu harus diingat
bahwa pentingnya sistem manajemen tidak sama dengan kedewasaan rohani. Banyak
Gereja yang manajemenya berjalan dengan sangat baik, tetapi tidak ada semangat,
kehidupan rohani di dalamnya mati. Tetapi sebaliknya ada Gereja yang
administrasinya kacau tapi semangatnya menyala-nyala. Hal seperti ini akan membuang banyak tenaga
karena tidak efisien. Namun, manajemen yang baik haruslah berjalan seiring
dengan kehidupan rohani yang baik.
Tuhan Yesus Memberkati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar